Sabtu, 31 Desember 2011

Seputar Paroki 3


PERINGATAN MISA ARWAH
TPU CIPAKU  GN. GADUNG  KERTAMAYA


Sesuai dengan kalender liturgi gereja, setiap tanggal 2 November, dilakukan Peringatan Misa arwah untuk kaum beriman. Untuk tahun 2011, jatuh pada hari Rabu, perayaan Misa dilakukan pada 3 tempat, yaitu TPU Cipaku Lama dan Tempat Pemakaman Pribadi Gn. Gadung (Semen Kujang) akan dilaksanakan pada pukul 08.00, sedangkan untuk TPU Kertamaya akan dilaksanakan pukul 09.00. 
Pagi hari sebelum dimulai perayaan Misa, hujan cukup lebat, tetapi menjelang perayaan Misa, hujan menghilang dan cuaca cukup cerah, sehingga Misa dapat dilakukan dengan baik dan hikmat. Untuk Perayaan Misa di TPU Cipaku dipimpin oleh Rm. Benyamin Sudarto dari Katedral, jumlah umat yang hadir lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu 350 orang, karena jumlah kursi yang disediakan sebanyak 250 buah, penuh terisi. Sedangkan di Gn. Gadung, ada yang cukup istimewa di tahun ini, karena perayaan Misa tidak dilakukan di depan kantor TPU Gn. Gadung, melainkan atas karunia Tuhan dan kebaikan salah satu pengurus pemakaman pribadi Semen Kujang, yaitu Bp. Doni, kami memperoleh ijin menyelenggarakan Misa di tempat tersebut. Tempatnya sangat baik dan indah, ada teras tempat duduk dan podium, sehingga menambah hikmat suasana misa. Di tempat tsb, misa dipimpin oleh Rm. Ignatius Heru Wihardono. Umat yang hadir di tempat itu yaitu sekitar 150 orang. Sedangkan di TPU Kertamaya, misa dipimpin oleh Rm. Antonius Garbito, jumlah umat yang hadir diperkirakan sekitar 50 orang, umumnya yang datang dari luar kota Bogor.
Pesan Rm. Heru pada perayaan misa adalah pembacaan intensi untuk almarhum, adalah mengingatkan kita kembali, kenangan yang indah dengan orang yang kita kasihi. Semoga orang yang kita kasihi diampuni segala dosa-dosanya oleh Allah Bapa, terutama yang masih dalam api penyucian, agar dapat segera masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Romo juga menjelaskan makna air suci yang mengingatkan akan pembaptisan bagi almarhum sebagai lambang kelahiran baru dan bunga-bunga yang diberkati melambangkan keharuman amal kebaikan dari arwah yang harum semerbak di hadapan Allah. Setelah selesai misa, panitia membagikan air suci kepada semua umat yang hadir. Walaupun ada beberapa umat yang sudah tidak sabar untuk mendapatkan air suci, tetapi setelah diberi informasi oleh panitia, bahwa air suci dan wadah plastik yang disediakan cukup, akhirnya semua dapat teratasi.
Kami atas nama Panitia Wilayah St. Stefanus, mengucapkan terima kasih banyak kepada Allah Bapa, karena memberikan cuaca yang sangat baik, kepada Rm. Benyamin Sudarto, Rm. Ignatius Heru Wihardono, Rm. Antonius Garbito, para Prodiakon yang dikoordiniroleh Bp. Ramlan, Koster Mas Mur, Bp. Doni, semua Panitia Peringatan Misa Arwah yang terlibat, sehingga walaupun ada beberapa kekurangan, perayaan Misa arwah dapat terselenggara dengan baik. Amin.

(St. Indra Wahyu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^