Jumat, 08 April 2011

Serba-Serbi Paskah 1

Gembok dan Kunci

Apakah ada diantara Anda yang memiliki profesi seorang guru, dosen atau pengajar? Pada saat Anda menguji anak didik Anda dalam sebuah tes, saya yakin bahwa ketika Anda memberikan pertanyaan kepada mereka, Anda pastinya sudah memiliki jawabannya juga. Tidak mungkin Anda memberikan soal kepada mereka, sementara Anda sendiri tidak tahu jawaban dari soal yang Anda berikan.
Hal yang sama juga berlaku kepada sebuah pabrik pembuatan gembok. Mereka tidak hanya sekedar menciptakan gembok saja, tetapi mereka juga membuat kunci untuk setiap gembok yang mereka ciptakan tersebut. Bayangkan betapa konyolnya jika mereka hanya menjual gembok tanpa membuat kunci untuk setiap gembok yang mereka ciptakan.
Dua analogi sederhana di atas juga memberikan pencerahan kepada kita bahwa hal yang sama ALLAH juga lakukan di dalam kehidupan kita. Ketika ALLAH mengijinkan sebuah persoalan, maka sesungguhnya Dia sudah memiliki jawaban untuk persoalan tersebut. ALLAH tidak pernah membiarkan kita mengalami persoalan yang tidak terpecahkan atau masalah yang tidak ada jalan keluarnya. ALLAH menyediakan “kunci” untuk setiap pergumulan hidup yang kita alami.
ALLAH tidak hanya menyediakan jawaban atau kunci untuk setiap masalah yang kita alami, tetapi Dia juga bijaksana di dalam mengukur kemampuan dan kapasitas kita dalam menanggung persoalan. ALLAH tidak akan pernah memberikan soal yang melebihi kemampuan kita. 
Mungkinkah seorang guru memberikan soal kelas VI untuk anak yang masih kelas I ? Jika seorang guru saja bisa demikian bijaksana di dalam menakar kemampuan kita, apalagi ALLAH yang menciptakan dan menjaga hidup kita seperti biji mataNya sendiri?
Melalui kebenaran ini, kita diingatkan kembali agar jangan sampai menjadi orang yang mudah mengeluh dan selalu merasa bahwa persoalan yang kita alami sangatlah berat dan tak tertanggungkan. Jangan juga kita menjadi orang yang mudah putus asa karena kita berpikir bahwa masalah sudah menemui jalan buntu dan tidak ada jalan keluarnya. Ingatlah selalu bahwa ada soal berarti ada jawaban, ada gembok berarti ada kuncinya.
Ketika ALLAH mengijinkan sebuah persoalan, Dia sudah menyediakan kunci jawabannya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

Oleh : St. Indra Wahyu
(Disadur dari Inspirational and Motivational)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^