Senin, 06 Desember 2010

Cermin OMK

SAHABAT YANG SEJATI
DIKENAL DISAAT-SAAT SULIT (2)
(Cermin Kecil Untuk OMK)

Cicero seorang negarawan Bangsa Romawi Kuno berkata : “Amicus certus in reincerta cernitur.” Lewat ungkapan ini ia menekankan pentingnya kesetiaan dalam persahabatan, ia menampilkan nasihat-nasihat praktis untuk melanggengkan persahabatan. Baginya persahabatan sejati mengandalkan keterbukaan hati untuk setia baik dalam suka maupun duka, dalam untung dan malang, dan dalam kegagalan maupun keberhasilan.
Kehadiran seorang sahabat di saat-saat sulit sangat berarti dan biasanya menimbulkan kesan yang mendalam di hati sahabatnya. Kehadiran dan kata-kata yang menghibur memberi kekuatan dan dukungan yang tiada taranya. Maka persahabatan demi posisi yang baik, demi kekuasaan, atau demi kekayaan perlu dihindari karena itu merupakan salah satu bentuk korupsi persahabatan. Dalam menjalin persahabatan, terkadang kita memperlakukan sesama sebagai objek. Sesama menjadi sahabatku sejauh ber-uang banyak, memiliki kekuasaan, pandai, cantik, ganteng. Kalau semuanya habis, tak terbukti, pudar, maka kita diam-diam meninggalkannya. Seperti pepatah “habis manis sepah dibuang.” Persahabatan model ini merupakan pengingkaran terhadap makna persahabatan sejati.
Ada ungkapan yang menarik “Hati-hatilah, jangan mempercayai seorang teman, kecuali engkau telah mengujinya.”, “Selama periuk masih panas, persahabatan tetap hidup.” Dua ungkapan ini menekankan bahwa saat-saat Anda mengalami kejayaan, banyak sahabat datang mendekat, tetapi ketika mengalami kesulitan mereka menjauhi Anda. Disaat-saat sulit tersebut, kita merasa kecewa dan tak berdaya, karena itu kita membutuhkan seorang sahabat sejati. Namun apakah kita yakin mereka akan selalu hadir disaat-saat sulit dalam kehidupan Anda? Dalam saat-saat indah, para sahabat mengenal kita, namun disaat-saat sulit kita mengenal para sahabat kita. Karena itu ungkapan kata bijak berikut ada benarnya, “banyak orang akan datang dan pergi dari kehidupanmu, tetapi hanya sahabat-sahabat sejati yang akan meninggalkan bekas di dalam hatimu.” Itulah saat terbaik Anda mengenali mereka! 

(diar sanjaya – Ex Latina Claritas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^