Rabu, 02 November 2011

Seputar Paroki 6


Suasana riang  dan penuh antusias  menghampiri seluruh hati  peserta yang hadir pada acara Jalan Sehat atau jalan Santai yang dikemas oleh panitia  Paroki St. Fransiskus Assisi Bogor, yang diketuai oleh S. Surya Tjandra bersama  umat dari berbagai wilayah terutama para OMK Paroki yang dikoordinir oleh Frater David, Mbak Oktaviana dan Ignatius Djati,  dengan tema “Fransiskus Familiy Gathering Fun Day 2011”, pada tanggal 8 Oktober 2011. Acara ini terbilang unik karena,  semua wilayah merasa  terlibat dalam perhelatan Jalan Sehat di Paroki dengan ciri khasnya masing-masing,  diharapkan menjadi modal dan contoh  bagi kegiatan bersama umat di Paroki yang didukung oleh semua wilayah dalam suasana penuh semangat kebersamaan. 
Keberangkatan peserta dikoordinir oleh wilayah masing-masing (total pendaftaran  460 peserta dewasa, OMK, dan anak-anak), menuju tempat acara di Ciawi Tapos dan berkumpul di Tapos  sekitar pukul 06:30 pagi. Karena bersifat acara santai,  panitia memberikan toleransi hingga pukul 07:30, dimana para peserta  semuanya baru terkumpul. Acara dimulai dengan pengantar singkat dari Ketua Panitia dilanjutkan dengan pembekalan dan penjelasan singkat mengenai maksud dan tujuan acara oleh  pastor Paroki RD Ignatius Heru Wihardono yang  ditemani oleh  rintik-rintik hujan yang jatuh ke bumi. Sehabis pembekalan umat dibagi dalam berbagai kelompok  (campuran dari semua wilayah) , namun masih tampak beberapa umat dari wilayah tertentu masih belum mau berbaur dan masih  bersifat ekslusif.
Jalan santai segera dimulai  dengan keberangkatan  dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok lebih kurang terdiri dari 20 anggota peserta yang di pimpin oleh ketua kelompok yang bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan peserta.  Selain Peserta mendapat kaos cantik, juga peserta mendapat 1 botol minuman vitazone yang dibagikan secara cuma-cuma.  Peserta melewati perkebunan dan  menyusuri rumah penduduk serta  singgah sebentar di Lapangan Bola. 
Di lapangan ini para peserta disambut dengan tari Ronggeng  oleh masyarakat setempat. Kemudian peserta memberikan bingkisan berupa 1 set  kostum bola kepada masyarakat pecinta bola yang langsung dikenakan oleh  para pemain bola yang  dengan setia  telah  menunggu. Setelah foto bersama  antara pemain bola dan peserta, permainan bola kaki  segera dimulai dibawah hujan rintik-rintik yang semakin deras mengguyur.  Para pemain dari masing masing pihak sungguh menikmati permainan. Dari pihak  peserta Jalan sehat, Romo RD Robertus Eeng Gunawan  bermain sebagai motor serangan dan kiper dipercayakan kepada Romo RD Ignatius Heru Wihardono. Hingga turun minum/ hujan kedudukan masih imbang 0-0, sehingga hasil akhir permainan bola ditentukan lewat adu penalti. Setiap  pihak diberi kesempatan menendang bola sebanyak 5 kali dari titik penalti. Hasil akhir dari penalti  tersebut ternyata tetap imbang dengan skor 2-2.  
Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian sembako yang telah dipersiapkan oleh panitia Jalan Sehat berupa 100 kantong  @1 kg gula pasir dan 5 bungkus mie Sedaap kepada perwakilan masyarakat yang diwakilkan kepada 2 RT yang dilalui peserta. Bingkisan diterima dengan senang hati oleh penduduk setempat, dan peserta Jalan Sehat melanjutkan perjalanannya  melewati perkampungan penduduk dan tiba dilokasi akhir BalitNak LIPI Tapos-Ciawi setelah  melalui tanjakan tajam. Semua peserta tiba dengan selamat walaupun ada yang nyasar. Setiba di lokasi, acara yang telah dipersiapkan oleh kaum muda OMK Paroki bersama Frater David,  dilapangan terbuka akhirnya dipindahkan ke Kantin BalitNak LIPI.  
Dengan cuaca dan suhu badan yang cukup dingin semua peserta tetap  melanjutkan acara permainan bersama dengan penuh semangat yang dipandu oleh OMK dan Frater David, sambil menunggu makan siang yang dipersiapkan oleh Ibu-ibu WKRI. Beberapa permainan yang bersifat Indoor seperti pemindahan gelang karet melalui media pipet yang ditaruh diatas bibir yang monyong terlihat cukup konyol dan lucu (lihat foto Frater David, Romo Garbito dan Romo Heru) Juga ada permainan tiup bola pingpong keluar dari  mangkok, menyusun gambar dari potongan kertas koran yang disobek sendiri oleh peserta terlebih dahulu, pindah kain sarung antar peserta  serta permainan Outdoor berupa balap karung kelompok,  lomba bakiak dan diakhiri dengan lomba tarik tambang.  Setiap wilayah akhirnya mendapat hadiah dari panitia  sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi umatnya dalam acara yang diselenggarakan oleh Panitia.   Para peserta terlihat  penuh sukacita dan menjelang  pukul 12:00 santap siang telah tersedia dan doa sebelum makan segera dipimpin oleh Romo Garbito. Santapan berupa  tahu, tempe dengan lalapan segar, buncis dan ayam goreng mewarnai kelezatan dan kenikmatan  yang dialami oleh  setiap peserta. Sehabis makan siang para peserta berkumpul kembali di lapangan yang telah kering dari siraman hujan. Romo Heru sebagai Pastor Paroki memberikan evaluasi  tentang kegiatan Jalan Sehat ini, dan menanyakan kepada peserta apakah masih  berminat  untuk melaksanakan kegiatan Jalan Sehat ini kembali bersama-sama. Semua peserta secara serempak mengamini  “Ya”.  
Tak lupa diadakan sesi  foto bersama dengan mengabadikan wajah para  peserta yang tampak sangat ceria dan Romo Eeng berkesempatan mendaraskan  doa penutup  serta memberikan berkat bagi semua peserta, sehingga para peserta dengan gembira kembali ke rumah masing-masing sambil merenungkan acara yang baru saja dilalui. Semoga Jalan Sehat 2011  tersebut dapat berkesan di hati para peserta dalam membina persaudaraan di antara umat Paroki, serta memberikan/ mengobati  kerinduan akan kegiatan bersama dalam  hidup menggereja.  Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki (RD Ignatius Heru Wihardono) , pastor Pembantu Paroki (RD Robertus Eeng Gunawan & RD Garbito), Frater David, Bp. Pius Ketaren, Bp. Ignatius Herry, Bp. Suwandi,Para Ketua Wilayah,Rekan-rekan  Panitia (Bp. Sony, Bp. Herman, Bp. Pamungkas, Ibu Farida  cs), Kaum Muda OMK Fransiskus (Mbak Octaviana, mas Ignas, Edwin, Rita, cs),  Ibu-ibu WKRI, para donator/ sponsor, Sdr. Sambi atas partisipasi, dukungan dan bantuannya sehingga acara Jalan Sehat 2011 dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Sampai jumpa lagi. Proficiat! Hidup Paroki St. Fransiskus Assisi, Tuhan memberkati! 

Swara WilBond

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^