Rabu, 02 November 2011

Seputar Paroki 1

Raker WilBond  Periode 2011-2012

Tanggal 10 September 2011 yang lalu wilayah St. Maria Fatima Bondongan (WilBond) kembali menggelar Rapat Kerja (Raker). Adapun raker bertujuan mengevaluasi program kerja Lingkungan dan Wilayah yang telah dijalankan tahun 2010-2011 serta membuat dan menetapkan program kerja Wilayah dan Lingkungan (Rukun)  tahun 2011-2012.  Khususnya tahun 2011-2012 ini Wilayah meng-agendakan secara khusus agar pelayanan di Wilayah/ Lingkungan dapat mewujudkan “Membangun Komunitas Basis yang Kuat dan Mandiri”, dengan perhatian secara khusus, yakni “meningkatkan  kepedulian kepada sesama”.
Raker yang telah dipersiapkan 2 bulan sebelumnya dibuka  pukul 13:00 pada hari Sabtu. Romo Wilayah yakni  RD Robertus Eeng Gunawan, berkenan memberikan pembekalan  yang didahului oleh doa yang dipimpin oleh Bpk. H. Anton Rubana.  Pembekalan  tentang panggilan yang diberikan oleh Romo Wilayah selama 30 menit (bahkan lebih menjadi 60 menit) tidak terasa  dan sangat memotivasi  para pengurus, semakin memacu semangat pengurus dalam pelayanan kepada sesama. 
Adapun agenda Raker dilanjutkan dengan evaluasi dari setiap Lingkungan yang ada di Wilayah (8 Lingkungan, St. Caecilia, St. Antonius, St. Vincentius, St. Laurentia, St. Theresia, St. Stephanus, St. Silvester, St. Florentinus). 7 dari 8 Lingkungan terlihat telah mempersiapkan evaluasi dengan baik , dengan memaparkan data umat (+mutasi), evaluasi  tentang program kerja tahun 2010-2011, rencana kerja  tahun 2011-2012  dan diakhiri dengan tantangan dan hambatan  yang ada disetiap lingkungan.  Dari evaluasi dari setiap Lingkungan terlihat jelas bahwa, dari sisi jumlah KK, setiap Lingkungan jumlah KK sudah mencapai optimal yakni 40-60 KK per Lingkungan. Diharapkan bahwa pelayanan di setiap Lingkungan dapat berlangsung dengan optimal pula.  Tepat pukul 16:30 Raker diskors sementara, karena pengurus ikut misa bersama pada Sabtu sore. Misa dibawakan oleh Romo RD Garbito Pamboaji. Setelah misa pukul 18:15, Pengurus bersama Romo  dan Frater David  melanjutkan makan bersama yang telah dipersiapkan oleh Pak Diar dan tim. Pukul 19:00 Raker dilanjutkan  dengan sesi  evaluasi dan rencana dari masing-masing seksi, yakni seksi Kitab Suci, Liturgi, PSE dan Kepemudaan.
Diselingi dengan rehat sejenak, Raker dilanjutkan dengan diskusi kelompok guna  membahas tantangan, mengatasi hambatan/ halangan yang ada, sehingga pelayanan dan program kerja Lingkungan dan Wilayah dapat berlangsung dengan baik dan lancar.
Diakhir  Raker, disepakati mengenai program kerja Wilayah periode 2011-2012, dengan beberapa catatan penting tentang  tugas dan tantangan yang secara khusus harus menjadi prioritas atau  perhatian  para pengurus Lingkungan/ Rukun dan Wilayah yaitu :

1. Update database umat secara total  melalui web aplikasi
     yang telah ada :  www.wilayahbondongan.com
2.Konsolidasi keuangan dan partisipasi umat
3.Persiapan Calon Prodiakon 2 (dua)  orang per lingkungan
4.Partisipasi aktif dalam Devosi Maria Fatima + Ekaristi setiap 
    bulan  tanggal 13 dan Misa Wilayah.
5.Menghidupkan kegiatan Pendalaman Kitab Suci dan 
     Animator dengan Ketua Rukun sebagai pelopor.
6.Melaksanakan berbagai kegiatan yang inovatif.
7.Pertemuan Komunitas Basis yang lebih intensif di tingkat 
    Rukun.
8.Kunjungan Pastoral kepada umat yang sangat 
    Membutuhkan.
9.Mempersiapkan Pengurus untuk tahun 2012-2015.

Semoga apa yang telah diagendakan dalam Raker tersebut, dibarengi dengan niat dan motivasi yang kuat dari para pengurus Wilayah/ Lingkungan/ Rukun dan seksi-seksi yang ada  kita dapat melayani umat dengan baik dan mampu mewujudkan komunitas basis yang kuat dan mandiri, sesuai dengan talenta-talenta yang kita miliki. Selamat melayani. Proficiat! Tuhan memberkati. (swara WilBond)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^