Rabu, 02 November 2011

Seputar Paroki 5

BIA MERAYAKAN HARI PESTA NAMA ST. FRANSISKUS ASISI


Dalam rangka merayakan hari pesta nama St. Fransiskus Asisi yang diperingati setiap tanggal 4 Oktober 2011, BIA Paroki St. Fransiskus Asisi berpartisipasi menyelenggarakan aneka lomba yaitu lomba menyusun puzzle, lomba kata terselubung dan lomba kuis Kitab Suci.

Peserta lomba adalah anak-anak Bina Iman dari seluruh wilayah di Paroki St. Fransiskus Asisi, Sukasari, Bogor. Lomba diadakan pada hari Minggu, 2 Oktober 2011 pukul 08.30  10.00 WIB di Aula sekolah Mardi Yuana dan di ruang kelas SMP Mardi Yuana dan di ruang kelas SMP Mardi Yuana, Jl. Siliwangi No.50, Sukasari, Bogor.
Sejak pukul 07.30 WIB, anak-anak sudah hadir untuk mengikuti perlombaan yang diperuntukkan bagi mereka itu. Sebelum acara lomba dimulai, anak-anak berkumpul membentuk satu lingkaran besar di lapangan basket sekolah Mardi Yuana. Dipandu oleh para kakak pembina, anak-anak diajak bernyanyi sambil menggerakkan badan dan tentu saja berdoa bersama.
Lomba dimulai pukul 08.30 WIB. Lomba menyusun puzzle gambarnya dari salah satu bacaan dalam Alkitab dan kemudian diwarnai, dikerjakan peserta kelas TK sampai kelas 1 SD, dengan hasil yang cukup baik. Hampir seluruh peserta mengerjakan dengan rapi dan komposisi warna yang bagus. Untuk menentukan juaranya, juri memilih yang terbaik dari semua yang baik, hingga terpilihlah Juara I : Marsela, dari BIA Wilayah St. Stefanus  Cipaku. Juara II : Rian Dwi, dari BIA Wilayah St. Antonius  Tajur. Juara III : Amelia, dari BIA Wilayah St. Maria Fatima  Bondongan.
Lomba Hidden Words atau kata terselubung sepertinya membuat para peserta cukup serius berpikir untuk mengerjakannya, karena mereka diminta untuk mengingat nama orang-orang suci, seperti nama nabi-nabi dan nama santo-santa dan mencari nama-nama tersebut, yang bisa mereka temukan dalam kotak-kotak huruf yang harus mereka susun/tarik garis dari kiri ke kanan, dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah, dari bawah ke atas, dari atas/bawah kiri miring ke atas/bawah kanan atau dari atas/bawah kanan tarik garis miring ke atas/bawah kiri. Memang bila kurang teliti, bisa tidak menemukan nama para nabi atau nama santo-santa. Jadi pengerjaannya memang butuh ketelitian dan kesabaran, tidak cepat putus asa untuk menemukan nama-nama yang dimaksud. Namun demikian, anak-anak akhirnya banyak juga yang dapat menyelesaikan tugas mereka. Hanya perbedaan waktu menyelesaikan yang membuat mereka terpilih menjadi juara I, II dan III.
Pemenang untuk peserta kelas 2-3 SD sebagai Juara I : Gaby dari BIA Wilayah St. Agustinus  Suryakencana. Juara II : Vita dari BIA Wilayah St. Maria Fatima  Bondongan dan Juara III : Reynard dari BIA Wilayah St. Maria Fatima  Bondongan.
Pemenang untuk peserta kelas 4-6 SD sebagai Juara I : Reyhan dari BIA Wilayah St. Maria Fatima  Bondongan. Juara II : Laudita dari BIA di Paroki St. Fransiskus Asisi  Sukasari. Juara III : Faustina dari BIA Wilayah St. Maria Fatima  Bondongan.
Adapun kuis Kitab Suci diujikan dari bahan Bulan Kitab Suci Nasional 2011 yang masih segar dalam ingatan mengenai perumpamaan-perumpamaan yang disampaikan Sang Guru kita : Tuhan Yesus sendiri, dalam Luk. 10:25-37 (Orang Samaria yang baik hati), Luk. 15:11-32 (Anak yang hilang), Mat. 13:24-30 (Belas kasih Allah), Mat. 18:21-35 (Pengampunan), juga pengetahuan tentang para nabi dan pastinya juga pengetahuan tentang St. Fransiskus Asisi dan seputar Paroki St. Fransiskus Asisi.
Kuis Kitab Suci pesertanya dari kelas 4-6 SD, diikuti oleh peserta dari BIA perwakilan Wilayah-Wilayah dan BIA gabungan adik-adik yang bersekolah di SD Negeri, yang setiap Minggu rajin belajar pelajaran agama bersama dan diajar oleh para katekis Paroki di ruang kelas SMP Mardi Yuana.
Juara lomba kuis Kitab Suci. Juara I dari BIA Wilayah St. Antonius  Tajur. Juara II dari BIA Wilayah St. Maria Fatima  Bondongan. Juara III dari BIA Wilayah St. Thomas Aquino  Siliwangi I.
Untuk adik-adik yang telah berhasil menjadi juara, kami kakak-kakak pembina mengucapkan “selamat” dan semoga adik-adik tetap selalu rendah hati serta tetap rajin mengikuti pertemuan-pertemuan Bina Iman Anak di Wilayah tempat adik-adik tinggal.
Untuk adik-adik yang belum berhasil menjadi juara, jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan di waktu mendatang dan tetaplah terus rajin menghadiri pertemuan-pertemuan Bina Iman Anak di wilayah kalian.
Bagi adik-adik usia TK sampai kelas VI SD yang belum bergabung dalam BIA, ayo bergabung bersama teman-teman dalam setiap pertemuan BIA di Wilayah kalian, banyak sukacita yang akan kalian dapatkan lho...
Bagi orangtua yang memiliki anak usia TK sampai kelas VI SD, kami para pendamping/pembina BIA, dengan segala kerendahan hati, mohon dukungan anda, untuk membawa / mengikutsertakan anak-anak anda dalam pertemuan BIA yang ada di Wilayah anda walau sudah ada pelajaran agama dan Bina Iman di sekolah.
Terima kasih kepada adik-adik Bina Iman yang sudah berpartisipasi memeriahkan acara ini dengan mengikuti perlombaan dan tertib sehingga acara berjalan dengan baik, meriah dan lancar.
Terima kasih kepada anda semua yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Bina Iman Anak dalam rangka merayakan hari pesta nama St. Fransiskus Asisi. Tuhan memberkati.

Sie. Bina Iman Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^