Sabtu, 04 Juni 2011

Hasil Rapat Kerja KOMSOS

Rekomendasi Hasil Rapat Kerja Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor
21-22 Mei 2011

Pada hari ini, Minggu tanggal dua puluh dua bulan Mei tahun dua ribu sebelas, kami peserta Rapat Kerja Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Puslit Gizi Bogor, bersepakat sebagai berikut:

1.    Berkat kehadiran dan bimbingan Roh Kudus yang senantiasa menyertai sejak awal hingga berakhirnya Rapat Kerja, peserta mendapat informasi yang berharga terkait dengan tugas pelayanan sehari-hari di Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor dan Seksi Komunikasi Sosial Paroki-Paroki se Keuskupan Bogor.

2.    Informasi secara lisan dan laporan tertulis sebagian Paroki tentang kegiatan Komunikasi Sosial  tahun 2010, dapat memberikan gambaran tentang pelaksanaan, hasil, faktor pendorong, faktor penghambat, masalah dan alternatif pemecahan masalah terkait kegiatan Komunikasi Sosial. Hal ini sangat bermanfaat untuk perencanaan kegiatan Seksi Komunikasi Sosial Paroki-Paroki  tahun 2011-2012.

3.    Paparan tentang Rekomendasi hasil Rapat Kerja bulan Mei 2010, telah membantu peserta untuk mengingat kembali hal-hal yang telah direncanakan dan meninjau kembali hal-hal yang belum dilaksanakan serta masalah dan hambatan yang dijumpai untuk dituangkan ke dalam Rencana Kerja Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan dan Seksi Komunikasi Sosial Paroki  tahun 2011-2012.

4.    Panduan tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-45, 5 Juni 2011, memudahkan peserta dalam mempersiapkan Penyelenggaraan Peringatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia di paroki masing-masing.

5.    Pesan Bapa Suci Paus Benedictus XVI pada Hari Komsos Sedunia ke-45” telah memperluas kesempatan para Imam dan Umat dalam pewartaan Injil dengan menggunakan teknologi digital yang dibimbing dan didukung penuh oleh Pastor Paroki.

6.    Setelah mendengar penyajian tentang “Membongkar Kepalsuan Dunia Maya Menuju Kesejatian Hidup” membuka wawasan peserta tentang pentingnya memahami bahaya media digital dalam rangka memberi arah kepada umat khususnya kaum muda untuk menuju Kesejatian Hidup.

7.    Peserta telah memperoleh kesempatan untuk berbagi pengalaman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan Komunikasi Sosial di masing-masing paroki yang diwakilinya, yang sangat bermanfaat untuk pengembangan program Seksi Komunikasi Sosial (atau seksi lain yang membidangi Komunikasi Sosial) di paroki, antara lain dengan menjalin kerjasama antar seksi di paroki dan lintas Seksi Komunikasi Sosial serta melibatkan kaum muda dalam kegiatan komunikasi sosial di paroki.

8.    Terkait dengan pergantian pengurus Seksi Komunikasi Sosial di Paroki-Paroki, peserta sepakat untuk mengupayakan adanya serah terima dokumen softcopy dan hardcopy di setiap pergantian pengurus.

9.    Perlu dikembangkan website atau paling tidak satu jejaring sosial digital di tingkat paroki yang bisa difasilitasi oleh Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor, bisa dalam bentuk penyediaan web hosting dan bantuan konsultasi teknis, antara lain pembuatan e-mail address, mailing list, facebook group serta petunjuk-petunjuk  yang dibutuhkan lainnya.  

10. Sekembalinya peserta di paroki masing-masing akan segera menyiapkan kegiatan untuk menyambut Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-45, yang diselenggarakan sebelum atau sesudah 5 Juni  2011, dengan menggunakan panduan dan dokumen lain yang dibutuhkan.

11. Peserta akan meningkatkan kerjasama antara Seksi Komunikasi Sosial dengan seksi-seksi lain di paroki, antar Seksi Komunikasi Sosial Paroki dalam satu dekenat atau lintas dekenat, antara lain dalam bentuk mengikutsertakan seksi terkait dalam setiap kegiatan Seksi Komsos.

12. Untuk menjawab kebutuhan umat akan informasi terkait pelayanan Gereja Katolik yang tepat, cepat dan bisa dipertanggungjawabkan, peserta akan menambah jejaring sosial digital di tingkat keuskupan dan paroki, termasuk milis untuk para romo, pengurus Komisi Komsos dan Seksi Komsos.

13. Apabila diperlukan, Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Bogor dapat memfasilitasi beberapa kegiatan antar paroki dan lintas dekenat sesuai dengan kemampuan, termasuk penyediaan narasumber dan konsultasi teknis.

14. Peserta akan menindaklanjuti hasil Rapat Kerja ini dengan membuat laporan kepada Pastor Paroki dan menyusun langkah-langkah kegiatan Seksi Komunikasi Sosial di masa mendatang secara lebih terarah.

15. Untuk rencana Rapat Kerja Komsos tahun 2011-2012, diusulkan penyelenggaraannya di sekitar Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^