Rabu, 01 September 2010

Catatan Kecil

KEBANGGAAN?

Banyak cara bagi orang untuk bisa menjadi terkenal. Orang bisa terkenal melalui apa yang dia lakukan dan bisa juga melalui apa yang dia punya atau seribu satu cara lain yang dapat dilakukan orang baik dengan jalan yang lurus atau dengan tipu muslihat yang pasti tujuannya tercapai. Banyak orang di sekitar kita yang mendadak terkenal karena memiliki jabatan yang membuat hidupnya berubah atau memiliki mobil mewah dan rumah yang indah di tempat bergengsi, mereka bisa memamerkannya dengan leluasa di depan kita dengan gaya selebritis. Ternyata beberapa bulan kemudian apa yang dimiliki dan dibanggakannya disita oleh bank yang memberikan pinjaman, menggunakan kartu kredit berlebihan sehingga tidak bisa bayar kembali.
Menjadi terkenal atau bergengsi di hadapan dunia membuat mereka terlempar jauh dari harapannya. Sungguh memprihatinkan tetapi sekaligus mengingatkan kita akan kefanaan dari segala sesuatu yang dimiliki manusia. Dalam surat Paulus kepada jemaat di Filipi: “Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena pengenalan Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku lebih mulia daripada semuanya.”
Di dalam kasus yang berbeda tetapi dengan pengertian yang sama kitapun pernah mengalami kehilangan apa yang kita banggakan tetapi kita tetap terus bersyukur dan berterimakasih karena kita tidak pernah ditinggalkannya, jangan sampai kebanggaan dunia yang kita miliki berubah menjadi penderitaan dan kehinaan.
Setiap orang boleh memamerkan hal yang dibanggakannya, so pasti kebanggaan yang membuat orang lain sukacita. Kita bangga menjadi penyemangat kitab suci, kita bangga menjadi penggerak bakti sosial bagi orang miskin, kita bangga menjadi paduan suara memuji Tuhan, kita boleh bangga menjadi pendamping orangtua usia lanjut. Semua ini akan membuat kita terkenal bukan karena dunia tetapi karena kita bersekutu dengan Yesus yang kita imani.
Marilah kita meneladani Rasul Paulus di dalam menyikapi hal-hal yang membuat kita bangga, yaitu dengan sikap yang rela akan kehilangan hal-hal duniawi karena pengenalan akan Kristus yang lebih indah dari semuanya.

(diar sanjaya – MS 609 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^