Sabtu, 03 September 2011

Seputar Paroki 3

Pelatihan Pembimbing Bina Iman Anak







Berlatar belakang adanya keprihatinan dalam perkembangan jaman di era globalisasi, maka seksi BIA Paroki St. Fransiskus Asisi, Sukasari-Bogor yang diketuai oleh ibu M. Ch. Doris N., mengadakan pelatihan untuk para pembimbing dan calon pembimbing BIA dengan mengusung tema “Mendampingi Anak di Era Globalisasi yang Sesuai dengan Iman dan Cinta Kasih Yesus” pada hari minggu 7 Agustus 2011, bertempat di aula sekolah Mardi Yuana, Sukasari-Bogor.
Dibuka dengan menyanyikan lagu “Hari Ini Kurasa Bahagia” dan “Allahku Besar”, doa pembukaan, dilanjutkan belajar lagu baru oleh Suster Cicil, acara pelatihan dimulai oleh narasumber yang energik, yang tentunya menularkan semangatnya kepada para peserta hingga acara berlangsung dengan sangat menyenangkan.
Narasumber, bapak Alexander Gabriel Doddy Triasmara, dari Paroki St. Maria Fatima, Sentul, memberi banyak masukan yang sangat berguna untuk para pembimbing BIA agar menjadi pembimbing yang luar biasa, yang berarti bukan sekedar yang biasa-biasa saja, yang harus mencontoh Tuhan Yesus, Sang Tokoh Pembimbing yang Luar Biasa.
Dengan pertanyaan-pertanyaan diskusi seperti : Alasan mengapa menjadi seorang pembimbing dan harapan menjadi seorang pembimbing, pasti banyak sekali alasan-alasan yang terlontar dari para peserta yang sangat mencintai anak-anak ini dan terpanggil untuk membawa anak-anak supaya dekat dengan Tuhan Yesus.
Berdasarkan ajaran Gereja yang mewajibkan kita untuk membagikan satu sama lain, kewajiban membina orang lain, kewajiban mewartakan, juga berdasarkan kebutuhan sosial / komunitas / Gereja dan juga kebutuhan pribadi, pembimbing yang luar biasa juga harus mempunyai prinsip seperti : memahami peserta didik, menciptakan kesan yang positif, berupaya untuk menemukan alternatif / pendekatan, informasi yang berkesinambungan dan selalu bertumbuh dan berkembang secara pribadi, maka para pembimbing tentu saja harus juga dekat dengan Tuhan Yesus, rajin berdoa, baca dan belajar Kitab Suci, karena semua itu berhubungan dengan pembimbingan iman anak.
Sikap, pengetahuan dan keterampilan tentu saja menjadi hal utama karena para pembimbing adalah teladan bagi anak-anak yang mereka bimbing.
Ibu Rita Santoso, pembimbing senior BIA, juga menambahkan ilmu bagi para peserta berupa tekhnik persiapan mengajar, mempersiapkan diri dan bahan pengajaran, cara-cara membimbing iman anak dari mulai anak hadir pada acara pertemuan BIA sampai acara selesai dan anak-anak pulang dengan hati penuh sukacita.
Sayang, acara yang bagus dan sangat menarik ini hanya dihadiri sekitar 40 orang peserta karena banyak teman-teman pembimbing yang berhalangan hadir pada hari itu.
Seperti dalam Matius 9 : 37-38 / Lukas 10 : 2 “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu, mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu”.
Kami para pembimbing tak pernah lupa berdoa agar Tuhan Yesus mengirimkan “pekerja-pekerja untuk tuaian itu”, mohon agar Tuhan Yesus mengetuk setiap hati Anda untuk selalu membantu membimbing iman anak, agar anak-anak kita memiliki iman Katolik yang benar.
Kepada para orang tua, kami percaya, Anda tentu sudah mengajarkan anak-anak berdoa dan bersikap dengan benar dan baik. Contoh-contoh kecil seperti : anak mengucap kata “Amin” setelah Romo memberi berkat di dahi, tidak berisik dan berlari-larian saat Misa karena kita sedang berada di dalam rumah Tuhan, tata cara ibadat dan lain-lain kiranya perlu diajarkan kepada anak-anak kita.
Kepada setiap Anda yang merasa terpanggil untuk bergabung bersama kami sebagai pembimbing bina iman anak, silahkan bergabung, karena kami para pembimbing akan menyambut dan menerima Anda dengan hati terbuka.
Acara siang itu ditutup dengan acara makan siang sayur asem yang segar beserta lauk pauknya yang tentu juga menyegarkan jasmani kami setelah seharian kami disegarkan dengan bimbingan rohani.
Terima kasih kepada Bapak Doddy, Ibu Rita, Suster Cicil dan teman-teman semua yang telah berpartisipasi dalam acara ini hingga acara ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir dan tentunya bermanfaat bagi kita. Kiranya Tuhan memberkati Anda semua.

Sie Bina Iman Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^