Sabtu, 03 September 2011

Klarifikasi Tulisan

Klarifikasi Tulisan J.D. Lehera Tentang Kegiatan Mantan Pengurus Dewan Paroki Tempo Dulu
Dalam Menyongsong HUT ke-50 Paroki Sukasari

Pace e bene,
(semoga Damai Tuhan menyertai anda)

Membaca tulisan Bp JD Lehera di majalah BP edisi Agustus 2011,  hal 17 dengan judul Kegiatan Mantan Pengurus Dewan Paroki tempo dulu, kiranya ada beberapa point yang perlu kami luruskan, sesuai dengan sejarah yang kami ketahui :

1. Pada alinea 7 tertulis : pada tahun 1963 Pater Yustinus Semiun OFM mengalami konflik dengan ........
Fakta yg seharusnya adalah : Pater Yustinus mulai berkarya di Paroki Sukasari sejak Oktober 1982 sampai dengan Agustus 1993. Tahun 1963, Pater Yustinus masih menjadi siswa seminari menengah di Manggarai Flores.

2. Pada alinea 11 tertulis : Dana Cash berasal dari Sumbangan ordo Fransiskan Jerman Rp. 102.000.000,-
Fakta seharusnya : Ordo Fransiskan di dunia memiliki Lembaga Donor yang bertugas untuk menerima dan mengelola sumbangan dana dari ordo Fransiskan dari berbagai provinsi yang ada di dunia. Lembaga ini disebut Mission Central dan lembaga Mision Central berpusat di Jerman.
Untuk pembangunan pastoran Sukasari yang pada thn 1988 di rencanakan oleh Pater Yustinus, dananya di mintakan/di ajukan kepada Mission Central OFM di Jerman, bukan bantuan dana dari Ordo Fransiskan Jerman.

3. Alinea terakhir tertulis : Rencana pembangunan pada Agustus 1993, batal dan dana dikembalikan ke Jerman sebanyak Rp 102 juta.
Fakta seharusnya : Rencana pembangunan pada tahun 1993 memang batal, tetapi dana tidak dikembalikan, Dana dari Mission Central digunakan oleh Mgr. Valentinus Winardi Kartosiswoyo, Pr. ( Pastor Paroki Sukasari thn 1993-1995 ) untuk membangun pastoran Sukasari pada tahun 1994. Dalam Rapat dewan tahun 1994, dan pada saat peresmian Pastoran tahun 1995. Mgr. Valentinus Kartosiswoyo menginformasikan sumber dana tersebut diatas.

Demikian sedikit koreksi kami atas tulisan Bp J.D. Lehera. Semoga bermanfaat.

salam
Sdr. Angelo Wahyudi  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^