Sabtu, 03 September 2011

Sebaiknya Kita Tahu 1

Siapakah Roh Kudus Itu?


Dalam konsili konstantinopel yang pertama, yang terjadi pada tahun 381, para uskup mempermaklumkan bahwa Roh Kudus itu adalah Allah, “Tuhan” (istilah perjanjian lama yang digunakan sebagai sapaan kepada Allah). Pernyataan para uskup ini dikeluarkan untuk melawan orang-orang yang berpendapat bahwa Roh Kudus itu hanya merupakan ciptaan Bapa saja. Roh Kudus itu adalah Allah, sama seperti Bapa dan Putera adalah Allah. Dia bersama dengan Bapa dalam karya penciptaan dan bersama dengan Putera dalam karya penebusanNya. Para ahli teologi menyebut peranan Roh Kudus sebagai Sang Pengudus.
Credo atau syahadat para rasul yang dikeluarkan pada konsili Nicea menjelaskan tempat Roh Kudus sebagai pribadi yang keluar dari Bapa dan Putera. Roh Kudus itu berasal dari Bapa dan Putera. Roh Kudus adalah perwujudan kasih antara Bapa dan Putera. Bapa mengasihi Putera dan sebaliknya Putera mengasihi Bapa. Kasih timbal balik antara Bapa dan Putera inilah yang disebut Roh Kudus. Maka dari itu di dunia, Roh Kudus menghadirkan Allah Tritunggal. 

Yesus melukiskan Roh Kudus sebagai Paracletus (Yoh 16:7) yang berarti Penghibur atau Pembela. Yesus tidak akan meninggalkan para pengikutNya sebagai anak yatim piatu dengan mengutus Sang Penghibur ini yang akan senantiasa menyertai Gereja sampai akhir jaman. Karena itu Roh Kudus merupakan jiwa dari Gereja. Diutus oleh Bapa melalui Putera, Roh Kudus melaksanakan tugas ini dengan mendorong Gereja untuk karya penginjilan dan dengan menjadi pemersatu. Gereja sungguh-sungguh memiliki Roh Kudus jika ada dinamisme dalam kehidupan batinnya dan jika para anggotanya penuh semangat dan gairah untuk melaksanakan karya evangelisasi. Orang-orang kristiani perdana suka berdoa: “Ya Tuhan, utuslah Roh KudusMu dan perbaharuilah muka bumi.” Melalui Gereja, Roh Kudus menyebarluaskan Yesus ke seluruh dunia dan inilah merupakan kuasaNya untuk memperbaharui.

(Stefan Surya T.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^