Rabu, 09 Februari 2011

Ruang Bina Iman Anak

MENCERITAKAN KEBAIKAN-KEBAIKAN TENTANG ALLAH FIRMAN ALLAH ITU PENTING!


7. Mengenal Ayat
Tuliskan ayat-ayat Alkitab sederhana dan bermakna di atas kartu-kartu indeks atau kertas-kertas kecil yang berperekat. Tempelkan kartu-kartu itu di tempat-tempat yang berbeda di rumah, di sebelah cermin, di pintu kamar atau jendela. Jika anak-anak belum bisa membaca, gambarlah sebuah gambar sederhana di samping setiap ayat. Tempelkan satu atau dua ayat pada saat bersamaan. Gantilah ayat-ayat tersebut secara acak setelah jangka waktu tertentu sehingga anak-anak mempunyai cukup waktu untuk mengetahui ayat-ayat itu.

8. Ayat-ayat Rahasia
Di atas secarik kertas indeks atau kertas berperekat, tulislah sebuah ayat Alkitab yang telah Anda pilih untuk sang anak. Letakkan ayat itu di bawah bantal. Jika sang anak belum dapat membaca, buat gambar wajah yang tersenyum, gambar matahari, bulan, atau gambar yang sederhana untuk melengkapi kartu ayat itu. Ketika anak-anak tidur di malam hari, ayat rahasia miliknya sedang menunggunya. Kita dapat melakukan setiap malam atau lakukan pada suatu malam khusus dalam minggu itu. Pilihlah ayat-ayat yang sederhana, dapat dimengerti oleh anak-anak yang kita kasihi.

9. Renungan Keluarga
Mulailah mengadakan renungan keluarga dengan anak-anak, sesuaikan waktu renungan keluarga dengan kebutuhan kita sendiri. Bisa dilakukan seusai sarapan pagi atau malam, menjelang tidur. Cobalah membuat jadwal dan berusahalah menepati jadwal sebisa mungkin.

10. Api Unggun
Untuk lebih kreatif, kita juga dapat membuat api unggun tiruan. Dengan meletakkan beberapa buah senter dan di atasnya diletakkan kertas tissue, kertas berwarna akan menyerupai api unggun. Keluarga dapat duduk mengelilinginya, disini kita bisa memulai renungan, dengan cerita dan berbicara dengan Allah/doa.

Ada tiga macam renungan keluarga:
a. Berdasarkan cerita Alkitab
b. Berdasarkan topik atau tema
c. Bermain peranan (Roll Playing)
(diar sanjaya-KH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^