Sabtu, 01 Oktober 2011

Seputar Paroki 1


Bakti Sosial Wiilayah St. Michael  (Siliwangi Dua)
Satu Hati - Satu Cinta
Berkat kasih dan kemurahan Tuhan, kami pengurus Wilayah Siliwangi Dua bekerjasama dengan Seksi PSE Wilayah telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial pada bulan Agustus 2011 dengan mengambil tema “Satu Hati  Satu Cinta” yang menjadi dasar dari niat kami melakukan karya amal kasih kepada sesama. Moment yang kami ambil adalah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432H yang jatuh pada akhir Agustus 2011 yang lalu. Pengurus membentuk panitia kecil untuk melaksanakan tugas kegiatan baksos ini, juga membuat proposal yang isinya menjelaskan tentang :

1. Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan baksos ini, antara lain :
- Mewujudkan rasa kepedulian umat wilayah Siliwangi Dua terhadap warga lain yang kurang mampu.
- Menjalin persahabatan dan persaudaraan antar umat dan warga dimana wilayah Siliwangi Dua berada.
- Menumbuhkembangkan rasa berbagi kepada sesama.
- Membantu meringankan beban ekonomi yang dihadapi warga kurang mampu.
2. Sasaran kegiatan :
- Warga kurang mampu di daerah/lingkungan dimana wilayah Siliwangi Dua berada khususnya bagi mereka yang akan merayakan hari lebaran.
3. Bentuk kegiatan :
- Mengumpulkan sumbangan berupa uang, pakaian bekas layak pakai, sembako dan sebagainya.
- Menjual pakaian-pakaian bekas layak pakai tersebut yang mana hasilnya akan digunakan untuk membeli sembako.
- Membagikan sembako secara cuma-cuma kepada warga/keluarga kurang mampu.
4. Tempat kegiatan
- Dipusatkan di  Jl. Lawang Gintung Gg. Badak Putih No.18.

Mulai pertengahan Juli 2011, Proposal disebarluaskan kepada umat, ternyata umat menyambut niat baik ini dan memberikan sumbangan-sumbangan berupa uang, indomie, makanan kaleng dan pakaian-pakaian bekas yang cukup banyak. Tuhan Yang Maha Pengasih kiranya berkenan menggerakkan hati umat Siliwangi Dua hingga akhir Agustus 2011 sumbangan-sumbangan masih terus mengalir. Rencana menjual pakaian bekas yang telah diseleksi kami ajukan mulai tanggal 9 Agustus 2011 bertempat di Gg. Badak Putih No.18 Lawang Gintung dengan harga murah meriah ternyata cukup banyak peminatnya. Pada hari Minggu, 14 Agustus 2011 kami juga berjualan di halaman gereja Fransiskus dan banyak juga ibu-ibu yang membeli. Setelah dana terkumpul kami membeli sembako yaitu beras, minyak goreng, gula pasir, sirup, mie instant, makanan kaleng (sarden) dan makanan ringan (biskuit & kurma) serta perlengkapan kantong-kantong plastik dan sebagainya.
Tanggal 24 Agustus 2011 kami mengemasnya ke dalam kantong-kantong plastik seharga ±Rp.45.000,-/kantong, jumlah yang kami sediakan sebanyak 160 (seratus enam puluh) kantong. Jadwal pembagian sembako ditentukan hari Kamis tanggal 25 Agustus 2011 tempat di Gg. Badak Putih 18, Lawang Gintung mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Kupon-kupon untuk pengambilan sembako dibagi-bagikan kepada warga yang tinggal di Wilayah Lingkungan 1 (Asrama Paskhas/Brimob/Zeni & Sekip Lawang Gintung), Lingkungan 2 (Jaya Tunggal, Mekar Jaya & Pondok Permai) dan Lingkungan 3 (Batutulis & Kampung Sawah).
Sebelum pembagian dilaksanakan kami diingatkan oleh penasihat/sekretaris wilayah supaya berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pagi hari tanggal 25 Agustus 2011 kami berdoa mohon bimbingan dan penyertaan Tuhan agar pembagian pada hari itu berlangsung aman dan lancar. Satu demi satu warga berdatangan menukarkan kupon dengan bingkisan sembako, terlihat mereka sangat gembira menerima bantuan tersebut. Hingga acara selesai sekitar jam  1 siang ternyata apa yang dikhawatirkan tidak terjadi, semua berlangsung dengan aman berkat perlindungan Tuhan.
Puji dan syukur kepada Allah Bapa yang telah melimpahkan berkatNya sehingga bakti sosial ini dapat berjalan dengan baik. Tak lupa kami pengurus wilayah khususnya panita baksos mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh umat wilayah St. Michael Siliwangi Dua atas dukungan dan partisipasinya dalam mensukseskan kegiatan amal ini. Kami percaya bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Rm. 8:28). Kitalah orang-orang yang dipanggil Tuhan untuk membagikan kasihNya kepada sesama kita tanpa memandang siapa atau bagaimana mereka. Mengasihi sesama adalah wujud nyata kita mengasihi Allah seperti yang diajarkan Yesus dalam Injil Mat. 25:40 “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudaraKu yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku”. Kita yang mengasihi Allah pasti memiliki hati yang sama “Hati Tuhan” dan cinta yang sama “Cinta Tuhan” untuk diwujudkan kepada sesama.

Terima kasih juga kepada seluruh panitia baksos atas kerjasama yang baik yang sejak awal telah bekerja keras demi berhasilnya karya amal ini. “HIDUP” WILAYAH SANTO MICHAEL SILIWANGI DUA.  Maju terus dalam karya KASIH kepada Tuhan dan sesama. Tuhan memberkati kita semua. (FS)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^