Kamis, 01 Juli 2010

Seputar Paroki : Rekoleksi Wil. Surken

REKOLEKSI UMAT DAN PENGURUS
WILAYAH SURYAKENCANA
Sabtu, 5 juni 2010 St. Yakobus – Megamendung


Sabtu, 5 Juni 2010 sekitar Pk 08.15 WIB, Paroki St. Yakobus – Megamendung kedatangan rombongan umat dan pengurus Wilayah Suryakencana yang akan mengadakan rekoleksi sehari dengan pembicara RD. Marcus Santoso. Ketika kami sampai, Rm. Marcus sendiri yang menyambut dengan senyum dan tawanya yang khas, sudah lama kami tak melihat tawa beliau yang khas… ^_^
Beliau juga telah menyiapkan tempat yang akan kami pakai untuk rekoleksi. Rekoleksi kali ini kami pilih di Megamendung karena ingin menciptakan suasana yang baru, ditambah dinginnya cuaca membuat kami nyaman mendengarkan materi rekoleksi. Rekoleksi ini diadakan untuk menambah pengetahuan umat dan para pengurus wilayah mengenai liturgi, sesuai dengan tema rekoleksi hari ini “Memahami Liturgi Ekaristi”. Selain itu juga untuk mengecas semangat para pengurus wilayah yang selama ini telah melayani kebutuhan – kebutuhan umat dengan berbagai rintangan yang dihadapi, agar tetap bersemangat dalam melayani. Acara rekoleksi ini juga sebagai penutup dari rangkaian doa Rosario keliling yang biasa dilakukan ibu – ibu secara bergiliran di rumah – rumah umat selama bulan Maria kemarin.
Segera setelah seluruh peserta sudah berkumpul, Rm. Marcus membuka acara dengan berdoa terlebih dahulu. Dalam materinya, Rm. Marcus menyampaikan kepada kami, bahwa Ekaristi adalah puncak iman setiap umat. Karena dalam Perayaan Ekaristi, kita mengenangkan kembali Kristus yang dengan rela mengurbankan hidupnya demi umat manusia. Sesi I selesai pk 10.15, lalu break hingga pk 10.30. Sesi II dimulai pk 10.30, sesi kali ini adalah sesi tanya jawab. Beberapa umat aktif bertanya. Sesi ini tak berlangsung lama, acara kemudian dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi Kudus.
Dalam homilinya Rm. Marcus mengajak dan meng-ingatkan kami untuk tetap berpegang pada Dia yang tersalib sebagai dasar dan tujuan kami dalam melayani. Di akhir misa setelah berkat penutup, beliau mengajak kami untuk berdoa bagi kesucian para imam, agar para imam tetap kuat dalam panggilan hidupnya dan dalam melayani umatnya. Selesai misa kami berfoto bersama. Rohani kami telah diisi sejak pagi tadi, kini tiba saatnya jasmani kami yang diisi. Orkes keroncong perut kami mulai terdengar, setelagh berdoa, kami langsung menyantap hidangan yang telah disiapkan. Hmmm.. Nikmat..
Usai makan kami ngobrol – ngobrol sebentar hingga pk 14.00, lalu kami berpamitan. Terima kasih kepada Rm. Marcus yang berkenan menjadi pembicara, kepada umat dan seluruh pengurus wilayah yang sudah berpartisipasi dalam acara ini, juga kepada Bpk. Ricky yang telah menyiapkan santap siang kami. Semoga apa yang telah disampaikan dapat menjadi bekal kami dalam melayani. Tuhan Memberkati..!  -VCM- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^