Selasa, 02 Agustus 2011

Seputar Paroki 2

Seminar Kitab Suci  “ Menguak Perumpamaan Sang Guru”
Dan
Kegiatan Cinta Kitab Suci bagi Anak-anak dan Kaum Muda Katolik

                Kongres Misi Asia I di Chiang Mai (Thailand, 2006) membahas Telling the Story of Jesus in Asia. Tema ini mengilhami Gereja Katolik di Indonesia untuk membawanya ke dalam Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) tahun 2010. SAGKI 2010 merupakan suatu perayaan iman akan Yesus Kristus sekaligus kesempatan untuk berjumpa satu sama lain dan berbagi pengalaman iman dalam perjumpaan dengan keberagaman budaya, agama dan kepercayaan, serta dalam pergumulan hidup kaum terpinggirkan dan terabaikan. Di dalam SAGKI 2010 ditegaskan pentingnya metode narasi (kisah) dalam pewartaan. Dengan cara mengisahkan Yesus, sebagaimana Ia sendiri berkisah, diharapkan umat diteguhkan dan digerakkan sebagai saksi Kristus.
                Tema Bulan Kitab Suci Nasional tahun 2011 ini adalah “Mendengarkan Tuhan Bercerita”. Yesus banyak menggunakan perumpamaan dalam pewartaan Kerajaan Allah. Perumpamaan itu digunakan Yesus salah satunya untuk menyampaikan pesan-Nya yang tidak mudah ditangkap oleh nalar manusia. Melalui perumpamaan, Yesus menyampaikan pesan Allah atau apa yang dikehendaki Allah, diperbuat oleh manusia. Melalui perumpamaan, Yesus menyampaikan katekese Kerajaan Allah. Dengan perumpamaan, Yesus memberikan contoh kepada kita bagaimana menghantar hal-hal yang sulit diterima, menjadi mudah dipahami oleh para pendengarnya.
                Oleh karena itu, harapannya, dengan mendalami perumpamaan Yesus, kita semakin mampu mengembangkan pewartaan hidup beriman kita, khususnya yang dipercaya oleh Gereja untuk siapapun yang berkehendak baik untuk membangun dunia ini menjadi damai dan sejahtera. Banyak sekali perumpamaan yang disampaikan Yesus, dan kita boleh belajar untuk mengembangkan metode perumpamaan ini untuk semakin membuat dunia ini semakin selaras dengan kehendak Allah.
                Berkaitan dengan hal tersebut di atas Seksi Kitab Suci bekerjasama dengan penerbit Kanisius, Lembaga Biblika dan Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Bogor menyelenggarakan Seminar Kitab Suci bertemakan “Menguak Perumpamaan Sang Guru”. Seminar ini ditujukan kepada umat di Keuskupan Bogor dan sekitarnya, agar makin banyak orang mengenal dan mencintai Kitab Suci. Kiranya kedekatan pada Kitab Suci tidak diarahkan hanya kepada umat dewasa saja, tetapi juga mulai sejak usia dini. Sebagai kelanjutan dari Bulan Kitab Suci Nasional 2010 yang bertemakan “Memperkenalkan Kitab Suci Sejak Usia Dini”, kami juga merencanakan serangkaian acara mulai dari anak-anak sampai dengan kaum muda.
Kegiatan lomba untuk anak dan kaum muda diadakan pada hari Sabtu, 2 Juli 2011. Lomba mewarnai Kitab Suci tentang Perumpamaan Yesus untuk usia 3-8 tahun (TK dan SD). Pemenang untuk tingkat TK :
-          Juara I : Dilla Washillah dari Ciampea
-          Juara II : Celine dari Bukit Cimanggu City, Paroki Katedral
-          Juara Hiburan I : Aura Laquisha, Semplak
-          Juara Hiburan II : Lucia Setiadi, Paroki St. Fransiskus Asisi, Sukasari
Pemenang lomba mewarnai tingkat SD :
-          Juara I : Natalia, SD Regina Pacis
-          Juara II : Sarah Naila, SD Polisi 4
-          Juara hiburan I : Lisia, SD Polisi 4
-          Juara hiburan II : Stephanie, SD Budi Mulia
Sebelum lomba mewarnai dimulai, mereka diceritakan dulu oleh kakak pendamping mengenai kisah dalam Kitab Suci yang berhubungan dengan gambar yang akan mereka warnai, yaitu kisah mengenai perumpamaan tentang anak yang hilang (Luk 15 : 11-32).
Lomba Cepat Tepat Kitab Suci tentang Perjanjian Baru untuk usia 9-15 tahun. Pemenang:
-          Juara I : Paroki Cibinong yang kelompoknya adalah Angelina Irene, Bintang Efrata Aprilia, Yohanna
-          Juara II : Paroki Cibinong yang kelompoknya adalah Caroline Wynne, Yolla Maria G, Deo Datus Mart Nis Jaya Nduru.
Lomba membaca Kitab Suci tentang perumpamaan Yesus usia 13-18 tahun. Pemenang :
-          Juara I : Clara Elrindy, dari Paroki Cibinong
-          Juara II : Ebby, dari Paroki Ciluar
-          Juara III : Veronica Rengganis dari Paroki Cibinong
            Lomba Drama tentang perumpamaan Yesus untuk OMK. Pemenangnya OMK Wilayah Bondongan, Paroki St. Fransiskus Asisi, Sukasari dan Pemenang Hiburan : OMK Wilayah Tajur, Paroki St. Fransiskus Asisi, Sukasari.
                  Dalam Lomba Baca Kitab Suci dan Drama, para peserta juga mendapat masukkan yang tentu sangat bermanfaat dari para juri yang memang sudah profesional di bidangnya. Contohnya : oleh Ibu Maria Oentoe, para peserta lomba baca Kitab Suci diberi ilmu bagaimana cara menjadi lektor yang benar, dari cara berpakaian sampai cara membaca Kitab Suci, artikulasi, intonasi, ekspresi, penghayatan, juga pengetahuan Kitab Suci, salah satunya, bacaan Kitab Suci dari Injil harus dibacakan dengan : “Inilah Injil Yesus Kristus menurut … (Matius, Markus, Lukas, Yohanes) dan bila bacaan bukan dari Injil, melainkan dari Kitab atau Surat harus dibacakan : “Bacaan dari Kitab … atau Bacaan dari Surat ….”. Tidak boleh membaca “ Bacaan diambil dari ….”. Begitu juga dengan para peserta drama yang diberikan ilmu bagaimana berperan yang benar dan baik sebagai tokoh dalam cerita yang mereka sajikan.
                  Keesokkan harinya, tepatnya hari Minggu tanggal 3 Juli 2011 diadakan seminar dengan narasumber : RD. Dr. V. Indra Sanjaya dari keuskupan Agung Semarang dan moderator RD Antonius Garbito Pamboaji, dari Paroki St. Fransiskus Asisi, Sukasari, Bogor.
                  Jumlah peserta yang lebih dari 200 orang, berdatangan dari beberapa Paroki di Keuskupan Bogor, juga ada beberapa peserta dari Paroki di Jakarta dan peserta mistagogi St. Fransiskus Asisi, Bogor, memenuhi ruangan di Aula baru Paroki.
                  Dalam acara seminar dibicarakan antara lain : tata cara membaca Alkitab, bagaimana kita bisa membaca Alkitab?, Apa yang dimaksud dengan perumpamaan?, Perumpamaan dan Alegori, Perumpamaan dan kenyataan hidup sehari-hari, Perumpamaan Yesus, pesan apa yang sebenarnya mau disampaikan oleh Yesus? Pengajaran tentang Kerajaan Allah, bahwa Kerajaan Allah mempunyai dimensi dan cakupan yang begitu kaya, bahwa di dalam pengajaran-Nya, Yesus menggunakan perumpamaan yang masing-masing memberikan tekanan atau menonjolkan aspek yang berbeda-beda dari Kerajaan Allah. Paling tidak ada 4 (empat) karakteristik yang melekat pada perumpamaan yang disampaikan oleh Yesus : Eskatologis, Eksistensial, Etis dan Injili. Dibicarakan juga petunjuk untuk membaca perumpamaan. Ditambah lagi dengan buku “Belajar dari Yesus ‘Sang Katekis’”, yang bisa kita baca yang semoga bisa menambah semangat kita untuk terus mewartakan kabar gembira dan mengimani Yesus Kristus.
                  Bersyukur dalam penyelenggaraan, Seksi Kitab Suci banyak dibantu oleh para sahabat yang dengan sukarela, tanpa pamrih membuat acara ini terwujud. Ada yang membantu mengurus acara lomba, seminar, konsumsi saat lomba dan seminar, perlengkapan, perijinan, keamanan, kebersihan, dokumentasi dan humas, membantu mempromosikan acara ini sampai menjual tiket seminar ke berbagai paroki, mengurus keuangan, meminjamkan peralatan dan juga ada yang membantu menyelenggarakan bazaar. Semua dilakukan dengan tulus ikhlas, demi kemuliaan Allah.
                  Hasil evaluasi dari peserta secara keseluruhan memberi tanggapan yang positif walau tentunya banyak sekali kekurangan-kekurangan yang masih harus kami perbaiki disana-sini. Seksi Kitab Suci dengan segala kerendahan hati mengucapkan terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu/Sdr/I dalam acara yang kami selenggarakan dan mohon maaf atas segala kekurangan yang terjadi, mohon maaf karena tidak dapat memuaskan setiap Anda yang mengikuti acara kami, tapi kami mau berusaha agar dilain waktu kami bisa memberikan yang lebih baik lagi dari hari kemarin.
                  Terima kasih kepada RD Ignatius Heru Wihardono, selaku Pastor Kepala Paroki yang telah menjadi pelindung dan pendukung acara ini. Terima kasih kepada RD Antonius Garbito Pamboaji; RD Robertus Eeng Gunawan, S.Ag; RD Dr. V. Indra Sanjaya; Bapak D. Catur Utomo, S.Pd; Bapak Suwandi, Para Ketua Wilayah beserta para pengurus dan segenap umat, para juri serta seluruh sahabat yang telah membantu hingga acara ini bisa terlaksana, berjalan dengan baik dan lancar.
                  Tentu saja terima kasih kepada Penerbit Kanisius, Lembaga Biblika dan Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Bogor atas kerjasamanya.
Tuhan Memberkati.
Sie Kitab Suci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^