Sabtu, 01 Mei 2010

SEPUTAR PERAYAAN PEKAN SUCI 2010


Diawali dengan ditunjuknya Wilayah Siliwangi II – St. Stefanus sebagai Panitia Paskah 2010 oleh Dewan Paroki St. Fransiskus – Sukasari Bogor. Perayaan Paskah adalah perayaan terbesar bagi umat Katholik, karena melambangkan kasih Allah yang terwujud dalam diri Yesus Kristus untuk menebus dosa-dosa manusia. Maka persiapanpun digelar, mulai rapat penyusunan Panitia, Rencana Kerja dan Anggaran. Rapat telah dilakukan sebanyak 4 kali, sebagai Ketua Panitia I yaitu Bp. Stefanus Indra Wahyu dan Ketua II yaitu Bp. ABN Sukotjo dengan Pembimbing yaitu Pastor J.M. Ridwan Amo.
Perayaan Paskah diawali dengan Minggu Palma, dilanjutkan dengan Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu dan Minggu Paskah. Sungguh perjuangan yang cukup berat bagi Panitia untuk mengawal agar acara ini berjalan dengan baik dan tertib, tetapi segala puji bagi Allah di surga, bahwa Allah telah memberi hikmat dan kekuatan kepada seluruh Panitia, sehingga acara ini boleh berjalan dengan baik.
Ada yang istimewa pada perayaan Paskah tahun ini, Orang Muda Katholik (OMK) di bawah bimbingan Romo Antonius Garbito, pada Jumat pagi sebelum perayaan Jumat Agung, menyajikan Drama Jalan Salib, dengan kostum dan peragaan yang sangat bagus, mampu membuat hati setiap umat tergetar, bahkan ada yang terharu hingga menangis melihat penderitaan yang harus dialami oleh Tuhan Yesus.
Juga ada beberapa mukzizat yang kami rasakan dan patut disyukuri telah terjadi pada Perayaan Paskah, antara lain :
1. Cuaca yang mendukung, Bogor yang setiap sorenya hujan, tetapi selama perayaan ini tidak turun hujan.
2. Pada Jumat Agung, pada Misa ke 1, ketika peristiwa wafatNya Tuhan Yesus, awan mendadak gelap, setelah itu awan kembali terang. Awan gelap dapat diartikan Allah sedih, karena anakNya yang dikasihi harus menderita dengan luar biasa atas dosa-dosa manusia yang harus Ia tanggung.
3. Keamanan, baik di dalam maupun di luar lingkungan Gereja, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Sound System pada hari Minggu Palma telah terjadi kerusakan, dan dapat diperbaiki pada waktunya, sehingga dapat digunakan selama perayaan berlangsung. Panitia sangat bersyukur sound system yang rusak tidak terjadi pada perayaan Paskah
5. Kesehatan, tidak ditemukan umat yang sakit, pingsan selama perayaan berlangsung
Atas segala doa, dukungan dan kerjasama dari seluruh Panitia Paskah, seluruh Petugas Liturgi (TTK, Lektor, Misdinar, Prodiakon dan Koor), para Ketua Wilayah, para Donatur, Pastor J.M. Ridwan Amo, Romo Robertus Eeng Gunawan, Romo Antonius Garbito, Frater Joko, Frater Dono dan umat Wilayah Siliwangi II – St. Stefanus kami mengucapkan terima kasih. Juga ucapan terima kasih yang dalam, teristimewa bagi Bp. B. Sukino, Ibu Giacinta Yuli, Bp. Michael, dan Bp. Robertus yang telah bekerja keras siang malam. Tak lupa ucapan Proficiat bagi 25 orang baptisan baru. Semoga karena baptisan, kita yang telah ditebus dosa oleh Tuhan Yesus, ikut ambil bagian dalam kehidupan menggereja. SELAMAT MERAYAKAN PASKAH 2010, TUHAN YESUS MEMBERKATI.

(St. Indra Wahyu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^