Sabtu, 01 Mei 2010

Rekoleksi Pengurus Wilayah Bondongan


Saat teman-teman beragama Hindu menyepi, kami pun memutuskan untuk mengadakan rekoleksi pengurus wilayah di tempat yang jauh dari keramaian kota. Sebuah villa milik keluarga Bpk. Pinem di Loji, Cijeruk menjadi pilihan kami. Suasana tenang, udara yang sejuk, pemandangan yang elok sungguh memberi nuansa penuh kesegaran bagi rekoleksi kali ini.
Rekoleksi dibuka dengan doa pembukaan dan pengantar dari ketua wilayah yang langsung dilanjutkan dengan wejangan dari Pastor Wilayah, RD JM Ridwan Amo. Sungguh menarik, kami semua ditanya apakah kami sudah mengenal Yesus Kristus? Tentu jawaban langsung tegas …. Sudaaaaahhhhhh!!! Siapa lagi yang kita ikuti selama ini jika bukan Yesus Kristus? Tetapi begitu Pastor Ridwan membuka presentasi dengan “Siapa Yesus Sebenarnya”. Dalam tayangan tersebut kami diajak merenungkan bahwa kehadiran Yesus ke dunia itu adalah pemenuhan janji Allah yang mengasihi kita semua seperti yang sudah dinubuatkan oleh para nabi berabad-abad sebelumnya. Jadi kelahiran, kehidupan, sengsara dan kebangkitan Kristus itu sudah dinubuatkan para nabi sebelumnya dan menjadi nyata dalam kehadiran Yesus di dunia ini.
Setelah itu kami diajak untuk merenungkan mengenai petunjuk hidup bahagia. Bagaimana kita belajar dari seekor keong. Keong yang dikenal lambat berjalan, mengajak kita untuk lebih menghayati hidup yang kita lalui. Selama ini kita cenderung bergerak cepat dan tidak menyadari dengan sungguh apa yang terjadi di sekitar kita, bahkan di dalam diri kita sendiri. Ketika kita harus belajar berjalan di belakang seekor keong, kita memiliki kesempatan untuk mengamati, menghayati dan mensyukuri perjalanan hidup kita ini. Kemudian bagaimana sikap yang sebaiknya kita tunjukkan kepada orang-orang yang kita kasihi, pernah kita cintai, kita benci, mengkhianati kita, meninggalkan kita, yang pernah salah paham dengan kita; semua sikap yang diharapkan agar kita hidup bahagia adalah sikap penuh kasih, karena apapun yang dilakukan orang lain terhadap kita, baik menyenangkan maupun tidak , sebenarnya membawa rahmatNya karena kita diberi kesempatan untuk mengalami berbagai tempaan hidup.
Kemudian kami diajak untuk merenungkan apa yang sudah diberikan sambil menikmati snack yang sudah disediakan oleh panitia. Berkat kecekatan Bude Tatmo, bu Vonny, bu Rita dan kawan-kawan, pisang goreng, tempe mendoan menjadi penghangat di sejuknya suasana saat itu. Demikian juga teh hangat tersedia walaupun pesanan kopi panas juga mengalir.
Acara dilanjutkan dengan pengenalan diri melalui kuis berjudul “Siapakah Aku?” yang dibawakan oleh Ibu Ratih. Kami diajak mengenal potensi yang ada di dalam diri kami melalui pendekatan MBTI sehingga melihat apa saja kelebihan dan kelemahan/kekurangan diri kami masing-masing. Tidak ada yang salah dengan hasil yang diperoleh setiap pribadi, karena pada dasarnya setiap pribadi adalah unik dan kita punya kesempatan untuk menggunakan kekuatan/kelebihan kita dan menerima serta memperbaiki kelemahan/kekurangan kita. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan pembahasan mengenai Peran Ketua Rukun/ Lingkungan dalam Komunitas Basis (KomBas) sesuai dengan tema yang dipilih yakni “Memberdayakan Komunitas”, yang harus dimulai dari memberdayakan para pengurus Rukun/ Lingkungan dan Wilayah.
Acara dibawakan oleh Silvester Surya Tjandra Ketua Wilayah WilBond, melalui pendekatan TOWS (Threat, Oppurtunity, Weakness, Strengh) mencoba membangkitkan semangat para Ketua Rukun/ Lingkungan dalam menyapa/ memberdayakan umat/ komunitas. Kita memang menyadari bahwa ini bukanlah pekerjaan mudah, namun dengan menyortir segala tantangan/ ancaman yang ada disekeliling kita juga melihat peluang yang ada serta menyadari akan kekurangan/ kelemahan kita dengan segenap kekuatan yang kita miliki, maka kita sebagai abdi dan pelayan Tuhan yang berkarya ditengah-tengah umat/ komunitas yang unik tersebut, dalam masa Prapaskah dan menyambut Pekan Suci ini akan mampu memberdayakan diri sendiri dan komunitas disekeliling kita khususnya Komunitas Basis umat Wilayah St. Maria Fatima Bondongan

(swara WilBond)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^