Selasa, 01 Juni 2010

Ruang Bina Iman

 CERITA TENTANG ALLAH BUAT ANAK-ANAK (2)

Allah peduli
Ajarkan kepada bayi anda bahwa anda dapat dipercaya untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhannya. Ketika bayi anda lapar, berilah ia makan. Ketika ia kedinginan, kenakanlah selimut atau baju hangat kepadanya. Ketika popoknya basah, gantilah dengan popol yang kering. Semua perhatian ini menumbuhkan sebuah harapan pada bayi itu : “Tak peduli betapa tidak nyamannya aku saat ini, selalu ada seseorang disini yang akan merawatku”. Contoh semacam ini adalah hal pertama yang akan anda ajarkan kepada anak anda tentang pemeliharaan Allah. Allah itu setia. Dia selalu menyediakan apa yang kita butuhkan. Jadi anda juga setia menyediakan kebutuhan mereka. Selagi anda mengganti popoknya atau menyelimutinya, anda dapat mengatakan pada bayi anda : “Aku memeliharamu, Allah juga memeliharamu”.

Allah adalah sang pencipta
Ajarkan kepada bayi anda bahwa Allah adalah sang pencipta. Selagi bayi anda menggigit sepotong pisang, katakan kepadanya, “Allah menciptakan pisang ini”. Bayi itu mengecap rasa buah pisang dan dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan bayi anda pada sifat kreatif Allah. Ketika bayi anda memercik-mercikan air di bak mandi, anda dapat mengatakan, “Allah menciptakan air ini, terima kasih Allah”. Amati baik-baik saat bayi anda menunjukkan bahwa ia menikmati pengalaman-pengalamannya. Anda dapat melihat hal itu melalui mata, tangan, mulut, hidung dan telinga bayi anda. Lalu berbicaralah tentang Allah yang menciptakan dunia yang dapat kita nikmati ini.

Allah mengasihi
Ajarkan kepada bayi anda bahwa “Allah adalah kasih” (1 Yohanes 4:8). Ketika anda sedang memeluk dan menimang-nimangnya, katakan kepadanya “Aku mengasihimu, Allah juga mengasihimu”. Bayi itu mungkin belum mengerti kata-kata anda, tetapi itu bisa merasakan bahwa ia dikasihi. Anda sedang memperkenalkan sifat Allah yang penuh kasih kepada bayi anda.

(diar sanjaya-KH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^