Senin, 18 Januari 2010

BINATANG TERNAK DALAM KITAB SUCI

Domba

Yakub dan Naba dari Karmel mempunyai beribu-ribu domba. Daud juga seorang peternak kambing-domba. Orang menyukai susu dan daging domba. Dan dari bulunya, orang dapat membuat pakaian.
Sebelum digunting bulunya, domba-domba itu dibasuh dahulu. Kawanan domba yang keluar dari tempat pembasuhan ibarat gigi kekasih yang putih utuh dan indah. Domba banyak digunakan sebagai binatang korban. Tuhan Yesus juga disebut Anak Domba Allah. Artinya, Dia menjadi korban untuk penebusan dosa-dosa kita.
Domba menjadi lambing orang benar yang tertindas. Nabi Yesaya mengibaratkannya dengan anak domba yang digiring ke tempat pembantaian dan seperti induk domba yang sedang digunting bulunya. Orang Israel sering menganggap diri sebagai domba dan Tuhan sendiri yang menjadi gembala mereka. Jika Tuhan menjadi gembala kita, kita akan merasa aman dan tak berkekurangan.

Unta

Unta adalah binatang pemamah biak, bertubuh tinggi(2 meter), berkelasa di punggung, dan berleher panjang. Dia makan rumput, dahan dan ranting kering, serta semak duri. Unta adalah binatang padang gurun sejati. Dia tahan tidak minum air tiga hari sampai seminggu dan pada musim dingin sampai 2-3 minggu! Daging unta juga enak dimakan.
Dalam Kitab Suci disebutkan bahwa peternak unta yang terkenal adalah suku Median, Amalek, dan orang Ismael. Unta dipakai sebagai binatang beban dan tunggang. Ribka menimbakan air untuk unta-unta hamba Abraham. Ishak jatuh hati ketika melihat Ribka dating dengan mengendarai unta ayahnya. Dengan mengendarai unta juga Yakub melarikan seluruh keluarga dan hartanya dari mertuanya. Yohanes Pembaptis memakai pakaian dari bulu unta.

Dr. B.A. Pareira, O.Carm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^