Sabtu, 25 Februari 2012

Seputar Paroki 3

Misa Malam Natal 2011 dan Tahun Baru 2012
di Kapel St. Maria Fatima Bondongan
(S. Surya Tjandra - Ketua Wilayah Bondongan)

Setiap tahunnya, Wilayah Bondongan (WilBond) secara defacto menjadi panitia Natal dan Tahun Baru di Kapel St. Maria Fatima Bondongan. WilBond telah membentuk panitia yang terdiri dari 4 dari 8 Lingkungan (Lingkungan Ganjil) yang duduk menjadi Panitia Natal 2011 dengan ketua Robertus Rulijadi (Layungsari) dan wakil ketua Bp. Nelson (Purimas) Berbagai persiapan dilakukan dengan baik dan matang agar perayaan Natal dapat berlangsung dengan hening, damai dan penuh sukacita.

Misa Natal dan ramah tamah
Tahun 2011 ini, malam Natal 24 Desember jatuh pada Sabtu, dan misa Malam Natal dimulai pukul 17:00. Persiapan menjelang misa telah dipersiapkan oleh panitia. Mulai dari pemasangan tenda, dekorasi, pemindahan Altar, hingga hiasan dan kandang Natal. Pada tanggal 24 Desember mulai pukul 14:00 mulai turun hujan lebat hingga menjelang 1 jam sebelum misa, sehingga panitia bekerja ekstra keras untuk mengeringkan tempat duduk yang ada. Menjelang pukul 16:00 umat mulai berdatangan dan diperkirakan umat mencapai jumlah 1200 orang pada saat misa berlangsung. Untuk misa Natal tahun ini anak-anak duduk bersama orangtua untuk mengikuti misa, dengan perhatian khusus oleh TTK (menggunakan rambu petunjuk harap tenang) agar suasana keheningan tetap terjaga (pada perayaan Natal sebelumnya diadakan kelas khusus bagi anak-anak). Misa dibawakan oleh RD Triharsono-Rektor Seminari Tinggi St. Petrus-Paulus Bandung, dengan homili bergaya tausiah yang mengingatkan agar umat tetap penuh semangat dalam merayakan Natal dalam artian yang sesungguhnya baik dalam penghayatan maupun ritual tradisi Natal yang syahdu. Bahwa iman Kristiani tak perlu kita ragukan lagi karena Yesus telah diutus oleh BapaNya untuk menyelamatkan umat manusia. Sebelum berkat penutup, Ketua Wilayah Bondongan (S. Surya Tjandra) diberi kesempatan untuk mengucapkan selamat Natal bagi seluruh umat yang hadir, juga kepada para Imam, Frater dan suster. Ketua Wilayah juga mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia Natal 2011 atas pelayanan yang telah dicurahkan agar umat dapat mengikuti misa Malam Natal dengan syahdu. Umat juga diundang untuk ikut ramah tamah sehabis misa, dan tak lupa ucapan terima kasih disampaikan kepada umat dan pengurus Lingkungan yang ada di Wilayah Bondongan atas sumbangsih dan dukungannya pada pelaksanaan acara ramah tamah, kepada Bapak Laurent/ Ibu Yani (atas bantuan bingkisan Natal buat anak-anak), Bp Ignatius Herry Santosa (dukungan persiapan Natal), Bp. Suwandhi/ Ibu Lily (es krimnya yang lezat) dan semua pihak yang telah membantu. 
Selepas misa, acara ramah dilangsungkan dengan ditemani Santa Claus pada saat pembagian bingkisan untuk anak-anak yang hadir. Sungguh suatu kesempatan bagi kita semua untuk meluapkan sukacita yang telah kita terima dengan sesama umat yang hadir, sehingga kabar sukacita yang kita alami sungguh-sungguh tinggal dan hidup dalam diri kita sepanjang masa, dapat menjadi terang dan peduli bagi sesama , sehingga semua orang merasakan kehadiran Allah dan kasihNya yang tak berkesudahan.
Selamat Natal 2011 bagi semua, semoga berkat Tuhan selalu berlimpah bagi kita semua!

Misa Malam Tahun Baru
Tahun ini di Kapel St. Maria Fatima juga diadakan misa akhir Tahun (tutup Tahun) yang dihadiri umat yang cukup banyak. Misa yang dibawakan oleh RD Garbito Pamboaji berlangsung dalam suasana penuh syukur sepanjang tahun yang kita lalui dan penuh harapan dalam meyongsong tahun yang baru. Selepas misa diselingi ibadat arwah di rumah Sdr Sambi, para pengurus WilBond mengadakan pesta syukur tutup tahun dan menyambut Tahun Baru dengan menggelar acara BBQ di aula SD Mardi Waluya yang berlangsung sederhana dan penuh keakraban antara pengurus, baik TTK, Koor, Mudika yang hadir dan dihadiri pula oleh Frater David (terima kasih ya Frater). Menjelang jam 00:00 pergantian tahun, ketua wilayah Bondongan mendapat kado istimewa dari teman-teman pengurus berupa lagu Happy Birthday, karena ybs berulang tahun pada tanggal 1 Januari lalu.

Selamat datang Tahun Baru 2012 semoga pelayanan kita semakin lebih baik lagi! Happy New Year and Happy Birthday. 

Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 Wilayah St. Maria Fatima
Seperti biasanya, perayaan Natal dan Tahun Baru di Wilayah Bondongan dilaksanakan pada masing-masing Lingkungan dalam rangka pemberdayaan umat Lingkungan yang berkesinambungan. Untuk tahun ini, perayaan Natal dilaksanakan oleh 3 Lingkungan yang ada di Wilayah Bondongan, yakni Lingkungan 4 St. Laurentia, Lingkungan 7 St. Silvester dan Lingkungan 8 St. Florentinus. Adapun perayaan Natal dan Tahun Baru di setiap Lingkungan tersebut berlangsung unik sesuai dengan ciri khas masing-masing lingkungan yang ada. Padatnya jadwal perayaan Natal dan Tahun Baru di Wilayah Bondongan tersebut, menyulitkan bagi para pengurus Wilayah Bondongan untuk hadir mengikuti perayaan Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan oleh Wilayah yang ada di Paroki. (terima kasih atas undangannya). Mari kita simak perayaan Natal & Tahun Baru Lingkungan di Wilayah Bondongan tersebut!

Natal Lingkungan 4 St. Laurentia Wilayah St. Maria Fatima (WilBond) Bondongan
Lingkungan Laurentia merupakan Lingkungan yang baru berdiri pada bulan November 2010 yang lalu. Menginjak usianya yang masih belia, patut diacungi jempol buat para pengurus dan umatnya, mengapa? Bayangkan dalam waktu 1 tahun, mereka dengan penuh semangat telah merencanakan misa perdana Natal dan Tahun Baru Lingkungan dengan penuh persiapan. Kegigihan mereka untuk menampilkan citra diri sebagai bagian umat WilBond perlu diapresiasi. 
Pada tanggal 6 januari 2012 yang lalu, umat dan pengurus Lingkungan St. Laurentia berkumpul merayakan Natal dan pesta syukur Tahun baru dengan tema “Kelahiran Yesus membangun semangat kebersamaan” yang berlangsung di kediaman Bapak Petrus Taufik W. Misa syukur perayaan natal dibawakan oleh RD Robertus Eeng Gunawan yang berlangsung dalam keheningan dan khidmat dengan iringan oleh paduan suara wilbond. Sehabis misa diisi dengan sambutan oleh ketua panitia Bp. Handono, dilanjutkan oleh ketua Lingkungan Ibu Marcellina Yuniawati (bu Yuyun). Pada kesempatan yang sama Ketua WilBond S Surya Tjandra memberikan ucapan selamat Natal dan Tahun Baru bagi umat Lingkungan Laurentia, serta menghadiahkan bagi umat dewasa berupa buku Devosi dan buku Liturgi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan iman Kristiani umat serta buku rohani Alkitab Kecil bagi anak-anak yang berisikan cerita tentang kelahiran Yesus. Tak lupa Romo Eeng men-sharing-kan pengalaman perjalanan ziarah Natal di Bethlehem kepada umat yang hadir. 
Pengurus juga membagi-bagikan hadiah Natal bagi anak-anak serta dilanjutkan dengan doa makan oleh Sr. Christine, SFS sebagai ungkapan syukur atas berkat yang telah diberikan Tuhan kepada kita semua.
Tak lupa pengurus Lingkungan Laurentia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pada persiapan dan pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2012, khususnya kepada keluarga bapak Petrus Taufik W. dan tak lupa menghimbau keluarga Muda Katolik yang ada di lingkungan Laurentia (mas Deni, ko Jefry dan keluarga muda lainnya) agar mau terlibat secara aktif di Lingkungannya (wilayah Bondongan pada umumnya), sehingga kita sebagai sebagai keluarga besar Lingkungan St. Laurentia Wilayah St, Maria Fatima Bondongan dapat menerangi dan memancarkan terang Kristus pada hati setiap umat, bahwa hidup kita menjadi pelita dan terang bagi sesama. 
Semoga perayaan Natal dan Tahun Baru umat Lingkungan St. Laurentia yang telah digagas oleh Pengurus Lingkungan Laurentia akan selalu membangkitkan semangat pelayanan, menginspirasi umat, dan menumbuhkan kebersamaan antar umat, agar semua umat dapat melihat dan menjadi terang Kristus, bahwa Allah hadir ditengah-tengah kita! IMANUEL telah datang bagi kita! Proficiat!

Natal Lingkungan St. Florentinus Wilayah St. Maria Fatima (WilBond) Bondongan
Lingkungan Florentinus yang juga sebagai Lingkungan muda di WilBond secara gegap gempita turut pula mempersiapkan perayaan Natal dan Tahun Baru bagi umatnya. Persiapan-persiapan melalui rapat-rapat pengurus secara marathon menjelang hari H dilakukan dengan sungguh-sungguh. 
Pada hari Sabtu, 7 Januari 2012 pukul 18:30 (telat sedikit) perayaan Natal dan Tahun Baru dibuka oleh petugas Liturgi Lingkungan Bp. Andreas Susilo dilanjutkan dengan Ibadat Natal oleh RD Robertus Eeng Gunawan dengan pujian-pujian oleh kelompok paduan suara Lingkungan Florentinus (Bu Vicky, Bu Ying, Bu Ira, pak Andre, pak Yos, pak Agus, pak Doni)
Selepas homili, Bapak-Ibu, Mudika, dan anak-anak mempersembahkan lilin (cahaya) yang menandakan kehadiran Kristus sebagai terang dunia, dilanjutkan dengan anak-anak Lingkungan Florentinus tampil menyanyikan lagu seribu cahaya lilin, sambil melakukan melodrama cahaya lilin Natal dengan pesan bagi kita yang cukup menyentuh, bahwa kita hendaknya menjadi terang bagi sesama seperti cahaya lilin yang selalu menerangi lingkungan sekitarnya. Kita diingatkan pula bahwa terang yang kita pancarkan adalah perbuatan baik bagi sesama yang merupakan tanda kehadiran Kristus ditengah-tengah kita, bahwa kita hendaknya selalu menjadi terang, yang berarti pula kita menjadi saksi Kristus dalam karya keselamatan manusia.
Sehabis Ibadat dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Wilayah WilBond (S Surya Tjandra) dengan pesan Natal bahwa kita hendaknya menjadi terang bagi sesama sepanjang hidup kita, dan mengapresiasi para pengurus dalam persiapan dan pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru bahwa partisipasi umat yang hadir semakin menegaskan bahwa kebersamaan dalam pelayanan sebagai tanda dan sarana karya keselamatan Tuhan bagi seluruh umatNya. Tak lupa ketua wilayah membagikan buku-buku rohani spt buku Devosi agar umat semakin lebih giat dalam berdoa dan berkarya (ora et labora) dan mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru bagi umat yang hadir.
Sambutan dilanjutkan oleh Ketua Lingkungan Florentinus (Bp. Florentinus Suryawan) dengan mengucap syukur dan tak lupa meperkenalkan para pengurus Lingkungan (Lingkungan yang masih belia) kepada umatnya dan mengingatkan agar umat bersama pengurus dapat saling mengisi dalam pelayanan sehingga sungguh terang dan kasih Kristus dapat menerangi hati kita semua.
Selanjutnya acara dilanjutkan dengan makan bersama didahului oleh doa oleh Romo Eeng Gunawan, dan dilanjutkan dengan acara hiburan yang dipandu oleh 2 MC yang mengaku MC kondang di BNR (Bp. Yos dan Bp. Andri) memecahkan kesunyian malam dalam menghibur dan mengatur pembagian kado bagi umat Lingkungan dan anak-anak yang hadir. 
Semoga perayaan Natal dan Tahun Baru yang telah dikemas dengan baik sebagai suatu rangkaian yang harmoni yang terjalin indah, selalu menginspirasi dan mengingatkan kita semua bahwa kasih Allah selalu hadir ditengah-tengah kita melalui PutraNya yang datang bagi keselamatan kita umat manusia. Imanuel! Proficia bagi pengurus Lingkungan dan umat St. Florentinus Wilayah St. Maria Fatima Bondongan.

Natal Lingkungan St. Silvester Wilayah St. Maria Fatima (WilBond) Bondongan

Minggu 8 Jan 2012, pukul 10:00 (lewat dikit) pengurus Lingkungan St. Silvester WilBond merayakan Natal & Tahun Baru bagi umat Lingkungan dan juga dihadiri para ketua Lingkungan di wilayah Bondongan, yang berlangsung di kediaman Bp. Prioyulianto/ Ibu Justine yang khusus datang dari tanah Papua menemani umat yang hadir. Walaupun diiringi oleh hujan yang cukup bersahabat pada perayaan Natal& Tahun Baru, tampak bahwa kebersamaan umat selalu memberikan suasana kehangatan sukacita bagi semua, sesuai dengan tema perayaan Natal & Tahun Baru yang diusung oleh panitia “kelahiran Yesus membawa sukacita bagi semua”. Perayaan yang semula akan dihadiri oleh Frater David (ada perayaan natal di Lingkungan lain) , berhalangan untuk hadir, perayaan natal tetap berlangsung dengan penuh sukacita. Didahului oleh doa pembuka oleh Ibu Nini (seksi Liturgi Lingkungan) dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Lingkungan St. Silvester Ibu Maria Sipiyanti (Ibu Elias) , dengan ucapan selamat datang kepada umat dan ucapan terima kasih kepada keluarga di Lingkungan St. Silvester yang telah mendukung perayaan Natal dan Tahun Baru ini. Sambutan oleh Ketua Wilayah Bondongan (S. Surya Tjandra) dengan menyampaikan pesan Selamat Natal dan Tahun Baru bagi semua umat yang hadir, serta memberikan apresiasi secara khusus bagi pengurus Lingkungan yang tak kenal lelah dalam melayani bagi umatnya. 
Perayaan Natal dan Tahun Baru ini diekmas oleh pengurus (Ibu Ratih cs) bersama tim BIA WilBond (mbak Budi, mas Basuki) dan OMK WilBond (mas Djati) dengan acara yang mengajak umat untuk dapat bersukacita dengan permainan-permainan yang telah dipersiapkan baik untuk anak-anak maupun dewasa. Tampak dalam perayaan ini keterlibatan umat cukup intens dan antusias , dalam suasana kebersamaan yang penuh kehangatan. Selesai permainan tersebut dilanjutkan dengan doa makan, photo bersama oleh photographer kondang dan makan siang bersama yang telah dipersiapkan panitia melalui Pot-Luck makanan umat Lingkungan St. Silvester. Sembari menikmati santap siang panitia membagi-bagikan door prize dengan hadiah utama 1 bh Sepeda Cantik (sumbangan Bp. Freddy), 1 bh Rice Cooker (bu Ratih), 6 bingkisan Tupperware (terima kasih utk Bp. Dibyo-Purimas), 3 Payung cantik (Bu Ratih), Buku-buku rohani (Bu Ratih), Benda Rohani (Ibu Nini), Baju kaos Adidas (5 bh). Hadiah utama sepeda cantik akhirnya dimenangkan oleh keluarga Ibu Nita diwakilkan oleh anaknya Aurora. Sukacita Natal sungguh-sungguh menghiasi wajah Aurora dengan pulang sambil mengendarai sepeda cantik tersebut. Sebagian besar umat telah mendapat doorprize, namun bagi umat yang belum beruntung dapat mencoba lagi tahun depan. 
Terima kasih kepada umat Lingkungan St. Silvester, Bp. Ibu Priyulianto, Bp. Dibyo-Purimas, Bp. Freddy, mas Basuki, mbak Budi, mas Djati, para ketua Lingkungan (mas Pram, mas Suryawan, bu Siok, bu Yuyun), para pengurus Lingkungan yang otomatis menjadi panitia, serta semua pihak yang telah mendukung dan membantu kelancaran perayaan Natal dan Tahun Baru lingkungan St. Silvester Wilayah Bondongan. Prioficiat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda. ^^